Selasa, 26 Januari 2016

Pakan ayam serama

pada postingan ini saya akan mengulas tentang pakan ayam serama. pakan serama harus mengandung protein dan nutrisi yang lengkap supaya ayam serama terjaga kesehatannya, postingan ini saya ulas menurut pengalaman saya pribadi. oke langsung aja saya bahas ya.
pakan yang saya gunakan ada 3 macam yaitu voer halus, konsentrat ayam petelur, beras merah dan jangkrik hidup, gambar ada dibawah ini, gambar saya ambil dari mbah google untuk contoh

Beras merah

Voer halus

Konsentrat ayam petelur

Jangkrik

untuk pemberian pakan ayam serama sangatlah mudah, saya memberi pakan ayam serama pada waktu pagi saja, sekitar jam 6 pagi sebelum melakukan aktifitas, saya kasih hanya satu kali sehari saja, jangan khawatir pakannya yang ada didalam tempat makanan habis karena selama yang saya alami pakan selalu tersisa sedikit dikeesokan harinya. 
pakan diatas tidak dicampur semua  harus ada takarannya untuk anakan umur 1 hari sampe 3 bulan saya kasih voer halus saja dan wadah tempat pakannya asbak kaca. dibawah ini contoh asbak kaca.

kenapa saya pilih asbak kaca? itu karena untuk memudahkan anak ayam memakan makanannya dan karena asbak kaca bobotnya cukup berat sehingga anak ayam tidak bisa membalikan / mengacak2 tempat pakannya, untuk takaran voernya cukup beri segenggam saja itu sudah lebih dari cukup, berimakan sekali saja dipagi hari lalu lihat keesokan harinya jika masih ada pakan tidak usah ditambah. untuk ayam 3 bulan keatas saya kasih campuran voer halus dan beras merah takarannya adalah 1 genggam beras merah dan 2 genggam voer halus ini adalah takaran yang saya kasih ke ayam serama saya. tempat makan untuk usia 3 bulan lebih bisa dilihat gambar dibawah ini


ini adalah tempat pakan yang saya gunakan untuk ayam serama 3 bulan lebih. untuk ayam2 buat breeding saya kasih voer halus, beras merah, dan konsentrat ayam petelur, kenapa saya kasih konsentrat ayam petelur? karena pada umumnya ayam serama jarang diumbar/ dilepas seperti ayam kampung, sehingga untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan protein maka saya kasih konsentrat, konsentrat ini juga berfungsi mencegah telur lembek karena didalam konsentrat terkandung tepung ikan yang didalamnya mengandung kasium yang baik untuk cangkang telur. takaran untuk pakan ayam yang akan dibreeding adalah 1 genggam beras merah, 2 genggam voer halus, dan 1 genggam konsentat. waktu pemberian makan cukup satu kali saja dipagi hari. 
untuk pakan jangkrik bisa dikasih seminggu sekali biasanya saya kasih 10 ekor jangkrik untuk 1 ekor ayam. kalo untuk anak ayam dibawah 2 minggu jangan dikasih takutnya tersedak, umur 2minggu lebih baru boleh dikasih itupun jangkrik yang ukuran kecil, kasih 2 ekor saja untuk anak ayam lebih dari 2 minggu
oke sekian dari saya semoga bermanfaat untuk teman2 semua





Tidak ada komentar:

Posting Komentar