Sabtu, 23 Januari 2016

Cara membersihkan kandang ayam serama

pada postingan ini saya akan memberitahu teman teman cara membersihkan kandang ayam serama menurut pengalaman saya sendiri, menurut saya membersihkan kandang ayam serama ya gampang2 sulit sih he he he, kandang ayam serama harus bersih dari kotoran  biasanya saya membersihkan kandang ayam serama 1 minggu sekali supaya terhindar dari penyakit kalo lagi males ya 2 minggu sekali he he he tetapi yang dianjurkan adalah seminggu sekali supaya kebersihan kandang terjaga dan terhindar dari penyakit, mencegah lebih baik dari mengobatikan he he he. kandang bersih, ayam sehat, kita pun semakin senang berlama lama dikandang memandangi serama kita yg sehat dan bersih he3x.


Gambar diatas adalah foto kandang ayam saya, kandang beralaskan pasir laut yang bisa dibeli dari toko meterial, kalo ditempat saya harganya 20rb dapet sekarung kurang dikit he3x, kenapa saya memberikan pasir laut? itu karena didalam kandungan pasir laut terdapat pecahan kerang yang mengandung kalsium, kalsium berguna bagi ayam serama untuk memperkuat tulang, karena tulang ayam serama agak lemah dan jarang dilepas dipekarangan rumah maka cara yang mudah untuk memenuhi kebutuhan kalsium ya dikasih paris laut sebagai alas kandang, ayam serama sangat suka mematuk matuk butiran pasir laut yang didalamnya terdapat pecahan cangkang kerang. sebelum membersihkan kandang ada baiknya kita menyemprot / memberi air / membasahi alas kandang dengan air supaya pada saat membersihkan debu2 pasir tidak berterbangan kemana2, setelah dibasahi air kotoran ayam serama kita bersihkan dengan menggunakan scrab alat ini juga bisa didapat dimaterial alatnya seperti gambar dibawah ini ya
                                                         
setelah dibersihkan alas kandang ayam serama dikeluarkan lalu dicuci bersih seterlah itu dikeringkan dibawah sinar matahari sampai benar2 kering, setelah itu alas kandang ayam serama dimasukan lagi kedalam tempatnya, setelah itu diberi pasir laut, proses membersihkan kandang selesai tinggal masukin ayam serama kesayangan anda kekandang. sekian tips dari saya semoga bermanfaat bagi teman2 semua

Tidak ada komentar:

Posting Komentar