Senin, 25 Januari 2016

kandang ayam serama

        pada postingan ini saya akan membahas tentang kandang ayam serama, menurut saya kandang ayam serama yang baik adalah kandang yang dapat melindungi ayam serama dari panas, hujan, tidak pengap, dan mempunyai sirkulasi udara yang bagus. oke langsung aja kita lihat contoh kandang serama, gambarnya ada dibawah ini


        jika temen2 ingin berternak serama siapkanlah 2 jenis kandang ini yang pertama kandang soliter, liat gambar diatas yang kandangnya ada 9, yang kedua kandang untuk breeding yang kandangnya ada 6, masing2 kandang mempunyai fungsi yang berbeda, kandang soliter normalnya diisi satu ekor ayam serama jantan bisa juga diisi oleh ayam serama betina maximal 2 ekor, ukuran kandang soliter yang saya buat adalah P45xL55xT50. itu adalah ukuran kandang soliter yang saya pakai, perlu diingan juga jika teman2 mempunyai ayam serama yang lawinya panjang menjulang keatas, tinggi kandang harus sedikit dilebihkan supaya lawi tidak bengkok karena mentok dinding atas kandang, untuk kandang breeding P80xL55xT50 ukuran kandang yang seperti ini saya isi dengan 2 betina 1 jantan, kalo saya tambah 3 betina 1 jantan jadi terlihat tidak leluasa ayam yang ada dikandang, idealnya sih 2 betina 1 jantan
        untuk menjaga sirkulasi udara yang baik harus ditambahkan ventilasi disamping kandang, jangan lupa lubang ventilasi harus dikasih kawat supaya tikus tidak bisa masuk.
         oke cukup sekian penjelasan dari saya tentang kandang ayam serama, semoga bermanfaat bagi teman2 semua.

3 komentar: